Apa itu stevia?

Stevia diekstraksi dari daun tanaman yang masuk ke dalam famili Ateraceae, sering dikaitkan dengan tumbuhan daisy atau ragweed. Di Paraguay dan Brasil, sudah ratusan tahun, orang-orang menggunakan daun dari tanaman Stevia rebaudiana (Bertoni) untuk memaniskan makanan. Bahkan stevia digunakan untuk pengobatan tradisional untuk mengobati masalah perut, luka bakar, dan terkadang dipakai sebagai kontrasepsi di negara tersebut.

Berikut ini adalah beberapa macam tipe stevia:

Stevia dengan daun hijau

  • Diproses dari semua tipe stevia
  • Unik karena daun hijau stevia tidak mengandung kalori atau gula, tapi rasanya manis
  • Digunakan di Jepang dan Amerika Selatan selama ribuan tahun sebagai pemanis alami dan pengobatan
  • Memiliki rasa yang sangat manis, 30-40 kali lebih manis dibandingkan gula
  • Memiliki manfaat yang dikaitkan dengan level gula darah, kanker, kolesterol, tekanan darah tinggi
  • Cara mengonsumsinya yang baik adalah dengan mengonsumsi secukupnya

Ekstrak stevia

  • Kebanyakan produk mengekstraksi bagian manis dan sedikit pahit (rebaudioside) dari stevia. Tidak ada manfaat kesehatan yang ditemukan pada stevioside (daun stevia yang manis).
  • Tidak memiliki kalori atau gula
  • Memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan stevia yang berasal dari daunnya
  • Bahkan 200 kali lebih manis dibandingkan dengan gula

Apakah tanaman stevia aman untuk dikonsumsi?

Kebanyakan orang merasa baik-baik saja setelah mengonsumsi stevia, namun perlu ditekankan bahwa reaksi stevia pada setiap orang akan berbeda-beda. Manfaat dan efek dari mengonsumsi stevia tergantung pada jenis stevia apa yang Anda konsumsi. Ketika pemanis rendah kalori telah mendapat persetujuan dari BPOM, berarti pemanis tersebut aman untuk digunakan.  Namun, tidak semua stevia dibuat dengan seimbang. Ada beberapa jenis stevia yang dibuat dengan lebih banyak proses kimianya dibandingkan dengan kandungan stevianya. Pun dengan dampak negatifnya, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan dampak negatif yang benar-benar disebabkan oleh stevia.

Stevia tidak memiliki kalori dan bersifat 200 kali lebih manis daripada gula dalam takaran yang sama. Karena tidak ada kalori pada pengganti gula ini, jelas kita akan berasumsi bahwa pemanis ini baik digunakan untuk diet. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan, mengganti gula dengan pemanis buatan atau pemanis rendah kalori lainnya tidak otomatis memudahkan Anda untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan kajian dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, penelitian pada tahun 2004 pada tikus menunjukkan pemanis rendah kalori membuat binatang menjadi makan yang berlebihan. Seorang penulis penelitian kemudian berpendapat orang yang menggunakan pemanis buatan dapat mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan gula, seperti sindrom metabolik. Sindrom ini dapat memicu diabetes.

Perlu Anda ketahui, adanya pendapat lain yang mengungkapkan bahwa stevia tidak memiliki efek samping pada masalah metabolisme jangka pendek. Bahkan penelitian pada tahun 2010, yang melibatkan 12 orang yang mengidap obesitas dan 19 orang yang memiliki badan kurus, tidak ditemukan perilaku makan yang berlebihan. Gula darah setelah memakan yang mengandung stevia makan juga lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang mengandung gula. Stevia juga mampu membuat kadar insulin menurun dibandingkan dengan pemanis buatan lain, seperti aspartame dan sukrosa.

Apa  saja manfaat dari stevia?

Berdasarkan situs draxe.com, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan kemampuan stevia sebagai pengobatan alami. Tanaman tersebut  dapat membawa keuntungan untuk proses penyembuhan. Apa saja klaim manfaat tersebut?

  • Memiliki kemampuan antikanker. Sebuah jurnal Food Chemistry yang dipublikasikan studi Kroasia menunjukkan stevia diduga memiliki manfaat potensial untuk pengobatan alami dari kanker usus, digabungkan dengan daun blackberry.
  • Baik untuk diabetes. Menggunakan stevia dibandingkan gula akan sangat membantu untuk penderita diabetes. Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan Journal of Dietary Supplement, ada evaluasi tentang bagaimana stevia berpengaruh pada tikus yang terkena diabetes, lalu ditemukan tikus yang diberi sekitar 200 dan 500 mg setiap hari mengalami penurunan level gula darah, trigliserida,dan alkali fosfatase. Penelitian pada manusia juga menunjukkan mengonsumsi stevia sebelum makan dapat mengurangi level gula darah setelah makan dan insulin.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Glikosida pada ektrak stevia ditemukan bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan pengeluaran natrium, kedua hal tersebut dapat membantu dalam menjaga tekanan darah pada level yang sehat.

Memang banyak ditemukan berbagai macam manfaat dari stevia, tapi untuk mengonsumsinya, sebaiknya secukupnya saja. Tetap hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

SPESIFIKASI PRODUK TANAMAN

Produk akan dikirimkan dengan ketinggian: 15 s/d 25 cm (dari dasar polybag)
Ketahanan pengiriman: 4 hari
Produk berupa: Tanaman
Bobot berat 1pcs dengan metode pengiriman media tanam dikurangi: 200 gram
Kondisi Produk: Batang sudah berakar serta dihuni oleh daun yang subur (siap tanam)
Metode pembudidayaan: stek
Bisa ditempatkan: di dalam wadah pot ataupun area taman
Iklim penanaman: dataran tinggi ataupun dataran rendah
Asal Produk: lokal

PERAWATAN DAN PENANAMAN

Ukuran wadah: diameter 20
Penyiraman diawal penanaman: 1 hari 2 kali
penyiraman lanjutan: 2 hari 1 kali
Penyimpanan penanaman awal: maksimal matahari 25% atau dibawah naungan
Penyimpan lanjutan: minimal matahari 50% maksimal 100%
Pemupukan diawal penanaman: 1 bulan 1 kali
Pemupupukan lanjutan: 2 minggu 1 kali
Jumlah konsumsi air per 1 kali penyiraman: 0,5 liter
Rekomendasi merek pupuk penumbuh akar: Npk
Rekomendasi merek pupuk penumbuh daun dan bunga: growmore
Rekomendasi merek pupuk pembasmian hama: curacron
Waktu pergantian wadah dan media tanam: 6 bulan 1 kali
Wadah yang digunakan: Pot atau polybag
Media tanam rekomendasi penanaman: Campuran tanah subur, sekam atau sejenisnya, dan pupuk organik atau sejenisnya

Write a review

Note: HTML is not translated!
    Bad           Good

Tanaman Herbal Stevia (200gr)

Rp 25,000

  • Product Code: Tanaman Herbal Stevia (200gr)
  • Availability: In Stock

Seller's Information

Senja Florist (Batu, Batu)

Value
(0/5)
Price
(0/5)

Total Products 34

Tags: beli bibit, bibit bunga, bibit online, bibit tanaman, gula, pemanis, stevia, Tanaman Herbal, Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga, Tanaman Hias Daun, tanaman koleksi, tanaman stevia

SME Tower Main Building 10th Floor Jl. Jend Gatot Subroto Kav.94 Jakarta 12780, Indonesia
  • Customer Service: 08119269448
  • Email: sales@nusantara-tekno.com
Domain ini adalah anak usaha dari PT. Nusantara Tekno Indonesia
  • Facebook
  • Instagram
Marketplace.com © 2020